Rumah Tidak Layak Huni Butuh Perhatian Pemda Jeneponto

Jeneponto-Aliefmedia.id- Undang Undang Dasar tahun 1945 telah mengamanatkan kepada pemerintah bahwa ” fakir miskin si pelihara oleh Negara”.

Salah satu warga yang kini terlihat dengan kasat mata adalah warga hidup di bawah garis kemiskinan. Hal tersebut bukanlah kehendak dirinya sendirinya, akan tetapi warga tersebut memang takdirnya yang serba kekurangan.

 

Dari pantauan awak media memang terlihat dan menyayat hati derita seorang buruh bangunan Amir Roa yang tinggal bersama istri bernama Indah beserta 4 orang anaknya yang masih berumur belasan tahun,Warga tersebut berdomisili di lingkungan Boyong, kelurahan tonro kassi timur, kecamatan Tamalatea, Jeneponto, Sulsel, Kamis (11/02/22)

 

 

Dan terlihat kondisi rumah Amir yang hanya berukuran dua petak itu yang hampir sebagian atapnya hancur termakan usia, dindingnya pun yang terbuat dari anyaman bambu (gamacca) sudah tidak terbentuk lagi.

 

Disisi lain, Struktur rangka rumah sudah di topang penyangga dari luar serta tiang utama di ikat ke tiang luar agar tidak roboh ke tanah, Amir yang hanya lulusan sekolah dasar ini,hanya mampu menghidupi keluarganya dari hasil buruh bangunan, itupun jika ada panggilan kerja” saya kadang utang tetangga buat makan, dan anak saya kerja harian di warung untuk keperluan sehari hari” kata Amir dengan raut wajahnya yang penuh ibah.

 

Diketahui bahwa Amir memiliki anak perempuan yang tidak sempat melanjutkan pendidikan ke SMP akibat terkendala biaya, Juliana yang baru berumur 15 tahun telah menjadi tulang punggung keluarga, meskipun sekedar untuk makan harian saja.

 

Amir, terasa berat dengan kondisi keluarga dimana dua orang anaknya masih kecil,  bila musim hujan Amir beserta keluarganya menumpang di rumah tetangga karena atap rumah bolong bolong akibatkan seisi rumah basah.

 

Amir berharap agar mendapat perhatian dari pemerintah, minimal kata Amir, kondisi rumahnya yang layak huni demi keamanan keluarganya, Karena Amir khawatir di setiap musim hujan dan angin kencang rumah sewaktu waktu dapat roboh ke tanah,” bebernya.(AMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *