Perkuat Kapasitas Produksi Pertanian dan Pangan, Pemerintah Jeneponto Lakukan Transformasi Lembaga Penelitian 

Jeneponto,Aliefmedia.id – Pemerintah Kabupaten Jeneponto mengumumkan transformasi besar-besaran pada lembaga pemerintah daerah yang bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan. Rapat tersebut berlangsung di ruang Kerja Bupati Jeneponto pada hari Selasa lalu.

Menurutnya bahwa Transformasi ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas produksi dan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian dan pangan, merupakan basis utama ekonomi daerah.

Junaedi Bakri selaku Penjabat Bupati Jeneponto , yang pimpin langsung rapat inisiatif ini, dalam arahannya mengung kapkan bahwa pengalamannya selama penempatan di Kabupaten Bantaeng dan keterlibatannya dalam Bantaeng Tech nopark memberinya wawasan penting.

“Di Bantaeng, saya melihat dampak nyata dari rekayasa teknologi, termasuk adanya pabrik pupuk Slow Release Fertilizer (SRF). Pengalaman ini membuat saya yakin bahwa hasil rekayasa teknologi dapat diimplementa sikan di Jeneponto,” ujarnya.

Junaedi Bakri pun berharap, agar teknologi baru dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dapat diterima dan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

“Kami membutuhkan inovasi, terutama yang dapat mengatasi masalah minim nya ketersediaan air hujan. Selain itu, kami sangat memerlukan benih padi unggul yang tidak membutuhkan banyak air,” tambah edi sapaan akrab Pj Bupati Jeneponto

Menanggapi hal tersebut, Oetami Dewi, Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, menyatakan bahwa kolaborasi antara BRIN dan Pemerintah Kabupaten Jeneponto sangat penting.

“Di bawah koordinasi BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah), Bupati dapat mengajukan permohonan untuk fasilitas riset atau produk inovasi yang dibutuh kan. Ini adalah langkah awal menuju kolaborasi yang lebih erat,” ujar Oetami.

Transformasi ini diharapkan dapat membawa teknologi dan inovasi terbaru untuk mengatasi tantangan di sektor pertanian dan pangan di Kabupaten Jeneponto,dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sumber Humaskominfo Jeneponto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *