Momentum Idul Fitri 1443 H, Kita Tetap Menjaga Nilai Kearifan Lokal dengan Sikamaseang Sihargai dan Sipakalabbiri

Jeneponto-Aliefmedia.id – Momentum Idul Fitri 1443 H,Kita Tetap Menjaga Nilai Nilai Kearifan Lokal. Si kamaseang Si hargai Dan Sipakalabbiri.

Bupati Jeneponto dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kaur Pemerintahan Desa (Pemdes) Kampala Rustam Lili mengatakan ” Momentum Hariya Idul Fitri 1443 Hijriyah merupakan bentuk kemenangan bagi ummat Islam setelah menempuh satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa”

Iksan Iskandar mengharapkan bahwa ” esensi puasa ramadhan , di mana ummat islam melaksanakan totalitas ibadah untuk memerangi hawa nafsu dan merekonstruksi kembali keimanan dan ketaqwaan nya kepada Allah swt “.

Iksan Iskandar juga mengharapkan, totalitas beribadah terus di implementasikan dalam kehidupan se hari-hari.

” saya berharap makna ibadah puasa kita selama satu bulan penuh dapat menjadikan diri kita untuk lebih bertaqwa kepada Allah Swt. Puasa ramadhan adalah diklat bagi kita ummat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah,” Jelas kata Iksan Iskandar dalam pidato seragamnya.

Ditempat yang sama, Khotib Ustad Abd.Rahman Syam, S.Pd.I dalam penyampaian khotbahnya mengatakan, ” di Jeneponto sejak lama memiliki falsafah Si hargai, si kamasean, si pakalabbiri. Hal ini sesuai ajaran Rasulullah saw ” kasihilah siapa pun yang ada di bumi, niscaya yang di langit pun akan menyayangimu”

Menurutnya, momentum lebaran kali ini hendaknya menguatkan kewaspadaan untuk tetap menjaga nilai – nilai sihargai, sikamaseang, na kisipakalabbiri.

Dia juga mengajak kepada seluruh jamaah sholat id, agar momentum hari raya fitrah ini jadikan sebagai ajang silaturrahim, saling mengunjungi dan saling maaf memaafkan baik pada orang tua, saudara, maupun kerabat dan handai toulan,” ujarnya.

Bertindak selaku imam sholat id, adalah Ustad Abd.Malik, S.Ag Kasi Urusan Haji Kementerian Agama Ternate. Turut hadir H.Ahmad Sahabuddin Rani, SE Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Jeneponto dari Partai Golkar Jeneponto.

Pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Fitri di halaman Upt SDN 12 Arungkeke, Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto dihadiri sebanyak 450 orang jamaah. Senin 02/05/2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *