Kadis Pendidikan Kabupaten Bantaeng Muhammad Haris Gelar Buka Bersama

Bantaeng-Aliefmedia.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bantaeng Muhammad Haris Laksanakan Buka Bersama (BUKBER) dengan Jajaran staf dan sejumlah Kepala sekolah, pejabat fungsional pengawas sekolah.

Kegiatan tersebut bertempat di kompleks perkantoran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, jln Andi Mannappiang, Rabu (27/04/2022).

Usai buka bersama dilanjutkan dengan tarawih dengan Tausiyah di musholla Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Bantaeng.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, Drs. Muhammad Haris, M.Si, merasa sangat bersyukur atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Bantaeng Muhammad Haris menilai acara buka bersama mampu memperlihatkan kekompakan dan kebersamaan yang mencerminkan suasana kekeluargaan yang tinggi.

Dirinya juga menitipkan harapan agar satuan Pendidikan mampu menghadirkan suasana religius sebagai ciri kekhasan satuan Pendidikan.

“Dengan dicanangkannya Gerakan Bantaeng Mengaji oleh Bapak Bupati Bantaeng pada tanggal 16 Februari 2022 maka kedepannya diharapkan mampu memberikan andil besar dalam kemajuan Bantaeng dalam bidang Pendidikan mengingat tantangan dunia pendidikan kedepan semakin berat,” ucap Muhammad Haris.

Sementara itu, ustadz Mappasabbi, S.Ag., M.A. sebagai Kepala SMPN 1 Bissappu dalam uraian tausiyahnya pada acara tarwih bersama menekankan perlunya menjaga diri dengan memperbaiki hati.

“Karena dari hatilah sumber segala perilaku yang dilakukan oleh manusia”, Jelas ustadz Mappasabbi.

Menurutnya, Jika hati baik maka baiklah semuanya, namun jika hati yang rusak maka rusaklah semuanya seraya mengutip hadist Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Dia juga mengajak seluruh jamaah agar bekerja dengan hati.

“Kalau terdapat beberapa sentuhan yang dilakukan terkait tata kelola dunia pendidikan Bantaeng untuk kedepannya menuju manajemen pendidikan yang mampu memanusiakan hubungan serta menjaga aspek kearifan lokal karakter Butta Toa,” tuturnya.

Salah satunya sentuhan dengan mengangkat kata bernuansa kearifan lokal dengan kata “Caradde”

Kata Caradde sendiri merupakan akronim dengan pemakaian huruf: C,A,R,A,D,D,E:

C: CERDAS = Murid yang kritis, kreatif.

A: AMAN = Sekolah mampu menyiapkan lingkungan yang aman dari kekerasan, perundungan.

R: RAMAH = Interaksi antar warga sekolah yang saling memanusiakan hubungan.

A: AKTUAL = Tujuan belajar selalu aktual sesuai dengan perubahan dan konteks yang dihadapi. Sekolah menjawab kebutuhan warganya.

D: DISIPLIN = Sekolah mengembangkan program menumbuhkan kedisiplinan. Murid konsisten dengan tujuannya untuk belajar

D: DIFERENSIASI = Kegiatan belajar didasarkan pada kebutuhan murid dan mengadaptasi sumber daya yang tersedia di satuan pendidikan

E: EMANSIPASI = Warga sekolah yang terbuka, aktif dan hubungan yang sederajat ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *