Bone  

Diduga Mark-Up dan Korupsi Pembangunan Talud, Perkerasan Jalan Tani Desa Tadang Palie Kecamatan Sibulue

Bone, Aliefmedia.Id – Dugaan Pembangunan Mark-Up dan berpontensi Ladang Korupsi serta adanya indikasi dugaan Laporan manipulasi fakta pembangunan talud, perkerasan jalan tani, yang bersumber dari dana desa tahun anggaran yang tidak jelas, di Desa Tadang Palie, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan,

Ketua Umum Lembaga Anti Korupsi Kriminal Indonesia (LAKKI) Andi Abu Mappa menduga, pembangunan talud, perkerasan jalan tani desa tadang palie, tak jelas pengawasannya, bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada, ucapnya kepada media, Jumat 10/5/2024.

Menurutnya, masyarakat juga memiliki kewajiban dalam pengawasan serta pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari dana desa maupun anggaran dana desa, sesuai dengan amanah Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa Bab VI Tentang Hak dan Kewajiban Desa, dan Masyarakat Desa Pasal 68 Huruf  C yang berbunyi “menyampaikan aspirasi, saran, dan pendapat lisan atau tertulis secara bertanggung jawab tentang kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa,”.

Baik Kepala Desa maupun TPK Desa Tadang Palie, patut di duga secara bersama-sama telah melanggar Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP, Perpres Nomor 54 Tahun 2010, dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012,
pekerjaan proyek fisik bangunan yang dibiayai dari uang Negara, baik dari APBD/APBN diwajibkan untuk memasang papan nama proyek tersebut.

Jelas Pasal 26 ayat (4), huruf d, kepala desa menaati dan menegakkan peraturan perundang-undangan.

Ia menduga, memulai proyek milik Pemerintah, pengawasan anggaran baik Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD), proyek kepentingan bersama (TPK) Tim Pelaksana Kegiatan/Tim Pengelola Kegiatan, Kepala Desa, diduga bersama-sama mark-up dan korupsi pembangunan talud, perkerasan jalan tani Desa Tadang Palie Kecamatan Sibulue, berkedok proyek dana desa. Desa Tadang Palie yang dikelola TPK.

Proyek pembangunan talud, perkerasan jalan tani Desa Tadang Palie Kecamatan Sibulue, diduga sengaja menyembunyi kan informasi terhadap masyarakat, untuk melakukan penggelembungan harga untuk meninggikan anggaran, tidak di sertai papan informasi proyek.

Pemasangan papan nama informasi proyek adalah implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.

Sekdes Tadang Palie yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, kalau proyek tersebut adalah pembangunan talud, perkerasan jalan tani, dulu ada papan prasastinya, mungkin terbuka, setelah dipertanyakan, proyek tahun berapa, hingga berita ini tayang, tidak mendapat tanggapan dari sekdes.

Kami harap, agar pemerintah terkait yang ada di Kabupaten Bone segera mengaudit atau memeriksa, baik itu fisik atau adminitrasi, secara transparan dan akuntabel desa tadang palie dengan SOP yang berlaku. Tegasnya. Redaksi/Asriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *