Dandim Jeneponto Bersama Anggota, Menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

JENEPONTO. Aliefmedia.id – Komandan Kodim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin, S.IP., bersama para Perwira Staf dan Danramil jajarannya beserta anggota, menghadiri kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Jeneponto.

Kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Jeneponto tersebut di pimpin langsung Pj. Bupati Jeneponto Junaedi Bakri, S.Sos., M.H., selalu Inspektur Upacara, dan dihadiri unsur Forkopimda, Pimpinan OPD Pemkab Jeneponto dan ASN Lingkup Pemkab Jeneponto.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Jeneponto, Kabupaten Jeneponto. Sabtu, 1/06/2024.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Jeneponto Junaedi Bakri membacakan amanat Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang pada intinya Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Pancasila terbukti mampu mempersatu kan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Selepas kegiatan Upacara, Dandim Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin, menyampaikan bahwa Pihaknya dan anggota Kodim 1425 Jeneponto sebagai Aparat Teritorial Kewilayahan Kabupaten Jeneponto selalu mengajak dan merangkul seluruh masyarakat agar berpegang teguh pada Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Falsafah Negara yang menjunjung tinggi Persatuan dan Kesatuan serta Bhineka Tunggal Ika.

“Hikmah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pancasila adalah kita sebagai Warga Negara Indonesia yang baik dan berjiwa patriot tinggi harus selalu bertindak dan bersikap dengan mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Dalam hal contoh sederhana yakni saling bergotong royong, saling menghargai sesama dan bersatu padu membangun peradaban dan pembangunan wilayah,” tegas Dandim.

Kehadiran Dandim 1425 Jeneponto beserta anggota dalam upacara ini menunjukkan sinergi yang kuat antara TNI, Polri dan Pemerintah daerah dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

(Pendim 1425/Jeneponto).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *