Bupati Jeneponto Iksan Iskandar Sidak Kantor Lingkungan Hidup

Jeneponto-Aliefmedia.id- Bupati H. Iksan Iskandar melakukan Inspeksi mendadak (sidak) dikantor lingkungan hidup, Kamis. (06/01/2021)

Inspeksi mendadak (sidak) dilanjutkan dengan rapat evaluasi terbatas (ratas) dikantor lingkungan hidup dilakukan Bupati H. Iksan Iskandar sebagai tindak lanjut dari upaya terukur untuk meningkatkan indeks kepuasan masyarakat yang mengalami peningkatan tipis pada pada tahun sebelumnya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga hadir Direktur PDAM sebagai bagian dari perusahaan milik daerah yang juga mengalami stagnasi pada capaian indeks kepuasan masyarakat tahun 2021.

Pada kesempatan itu beberapa kendala subtansial dan teknis dinilai menjadi penyebab sehingga dinas lingkungan hidup serta PDAM mengalami stagnasi capaian indeks kepuasan masyarakat

Dari beberapa penyebab yang ada paling menonjol adalah kendala mengenai minimnya anggaran, sumber daya manusia, serta sarana dan prasana pendukung teknis dilapangan

Kepala dinas lingkungan hidup M. Basuki Baharuddin menjelaskan bahwa target adipura yang belum tercapai ditahun 2021 disebabkan karena adanya aturan baru yang mengharuskan penilaian bukan hanya pada wilayah kota saja tetapi cakupannya pada seluruh wilayah kabupaten.

M. Basuki Baharuddin berharap agar kedepan pemerintah daerah dapat memberikan interfensi berupa kebijakan/peraturan kepada setiap desa/kelurahan untuk mengelolah sampahnya secara sistemik

“pada kesempatan yang sangat baik ini kami berharap kepada bapak bupati bersedia memberikan interpensi melalui kebijakan/peraturan kesetiap desa/kelurahan agar pengelolaan sampah diwilayah masing-masing dapat dilakukan secara sistemik salah satunya dengan membuat bank sampah,”ujarnya

Rapat evaluasi terbatas (ratas) tersebut direktur utama PDAM Junaedi juga memberikan keterangan mengenai stagnannya yang capaian indeks kepuasan masyarakat dialami instansinya.

Junaedi membeberkan rusaknya fasilitas PDAM akibat bencana banjir dan tingginya biaya tagihan menjadi penyebab stagnannya capaian indeks

“terdapat 40 persen meteran pelanggan yang kami perbaiki sehingga tarif tagihan kembali menjadi normal, ini mengakibatkan masyarakat merasa mengalami kenaikan tagihan,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati H. Iksan Iskandar meminta agar PDAM Perusahaan Daerah memiliki bisnis plan yang jelas serta dilakukan langkah-langkah terukur dan kajian mendalam sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan

“untuk dinas lingkungan hidup terus semangat dan untuk PDAM rapikan kembali internal serta buat bisnis plan yang dapat saling menguntungkan sehingga kepuasan masyarakat bisa terpenuhi,” ujarnya

Setelah kegiatan Sidak, Bupati H. Iksan Iskandar menjelaskan bahwa Kunjungan mendadak tersebut dilakukan untuk menggali informasi secara detail, mengidentifikasi problem yang terjadi, mengumpulkan data sementara, mendiagnosis problem utama serta melakukan umpan balik untuk mencari benang merah sebagai tindak lanjut dari kurangnya indeks kepuasan masyarakat yang dicapai kedua instansi tersebut.

“kita lakukan kegiatan mendadak ini untuk mencari win-win solusi agar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan dinas LH dan PDAM dapat meningkat tahun ini,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *