Bawaslu Bantaeng Resmi Lantik 24 Panwascam SE Kabupaten Bantaeng

Bantaeng, Aliefmedia.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng melantik Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng di Hotel Kirei pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Diketahui bahwa pada tanggal 23 Mei lalu, selesai tahapan dan proses perekrutan Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, 24 Panwascam di 8 Kecamatan akan dilantik.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, perwakilan PJ Bupati Kabupaten Bantaeng, Bawaslu Sulawesi Selatan, Polres, Dandim 1410, Kejari, KPU Bantaeng, dan 8 Kepala Kecamatan.

Usai dilantik dan dibacakannya Fakta integritas 24 Panwascam Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel, Andaris Duma berharap agar menjalankan tugas Panwascam dengan baik, salah satunya memberikan keterangan yang jelas kepada tiap petugas TPS.

“Janji ini dilafalkan, diucapkan untuk melaksanakan tugas 10 Bulan kedepan. Secara pribadi lewat ketua dan anggota Bawaslu Sulsel, mengucapkan selamat kepada petugas yang dilantik tadi,” jelasnya.

“Terkait dengan tugas teman-teman semua, saya sampaikan secara khusus pada pemilu 2024 kemarin untuk legislatif itu ada 26 sengketa di sidang kemarin. Saya sampaikan yang sudah dilantik, tugas bawaslu itu adalah pemberi keterangan.

Memberikan keterangan terhadap permohonan yang masuk, TPS Pengawas, TPS Kelurahan Desa, pengawas TPS kabupaten kota.

Artinya bahwa jejak pengawasan mulai dari TPS itu harus disampaikan bahwa ini yang kami lakukan. Di legislatif kemarin walaupun ada ria ria itu diselesaikan dengan baik.

Saya sampaikan terkait sorotan atau keraguan di legislatif, pesan kami kepada kita semua mari kita jawab terkait sorotan ini terhadap Pilkada 27 November kedepan,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Bantaeng, Faisal mewakili PJ Bupati Bantaeng yang sedang melakukan pelatihan di Jakarta, berharap mampu menjaga integritas Pilkada 2024.

“Tentunya tadi kita telah menyaksikan salah satu kegiatan sakral, pengambilan sumpah dan janji Panwaslu ini untuk mengawal demokrasi Pilkada, dan saya yakin kegiatan ini awal dalam tugas yang mulia. Oleh karena itu insya Allah dengan kerjasama dan koordinasi yang matang, insya Allah kita akan menghadapi Pilkada yang berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Bagaimana menghadirkan pilkada sesuai peraturan yang berlaku ? Tentu harus memahami tugas dan tanggungjawab, tapi juga melekat ketokohan dan sikap di tengah masyarakat. Kita tidak mau mendengar lagi ada yang tidak sesuai dengan kode etik,” harapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Bantaeng, Ningsih Purwanti menyebut kinerja Panwascam telah terbukti di Pemilu 2024 kemarin.

“Saya yakin yang harus dibuktikan teman- teman adalah kerja keras di lapangan, besok ada tugas pertama untuk melakukan wawancara untuk PKD. Tentunya dengan integritas dan profesional pasti dilakukan dengan baik.

Kami telah melihat perjuangan teman teman di pemilu kemarin. Saya yakin di tahapan Pilkada ini teman-teman tetap punya integritas, saya juga berharap menjaga netralitas, kita berpartisipasi kepada masyarakat, mengajak masyarakat dalam pengawasan,” harapnya.

“Selamat dan Sukses selalu dalam menjalankan tugasnya,” tutup Ningsih.

Berikut daftar 24 Panwascam yang dilantik:

Kecamatan Bantaeng:

– Akhmad Marming

– Akbar Tanjung

– Mahdita Ayu Mentari

Kecamatan Bissappu:

– Irwati Tamuka

– Rusdianto

– Mustafa Jaya

Kecamatan Sinoa:

– Israil

– Dian Ekawati

– Mustari

Kecamatan Ulu Ere:

– Suryani

– Nasyiruddin

– Herlina

Kecamatan Eremerasa:

– Sitti Rahma

– Juhaning

– Kaimuddin

Kecamatan Gantarang Keke:

– Eka Susanti

– Suryani

– Lisbaeti

Kecamatan Tompobulu:

– Ahmad Pasallo

– Irham

– Andi Syamsinar

Kecamatan Pa’jukukang:

– Andi Bunga Nirma

– Syamsul Bahri

– Jabal Nur

24 Panwascam se-Kabupaten Bantaeng mengambil sumpah integritas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab nya mengawasi proses pelaksanaan Pilkada 2024, serta dengan pembekalan yang matang Bawaslu Bantaeng.

Tim Liputan : Ramli Rifal,Abdullah Temba AMN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *